Monday, May 9, 2022

PENUGASAN 8 REKAYASA KEBUTUHAN (RK)

Studi Kasus MokaPos

Deskripsi Aplikasi
MokaPOS adalah sebuah sistem point-of-sale berbasis cloud yang dapat digunakan untuk membantu pengembangan usaha kecil dan menengah secara multi-platform. MokaPOS mengoptimalkan operasional bisnis dan juga menyediakan platform yang berperan sebagai penunjang untuk pelaku usaha dalam melakukan operasi penjualan.

MokaPOS memungkinkan pelaku usaha untuk melakukan beberapa hal seperti melakukan transaksi penjualan, menentukan nominal harga promo yang dapat diperbarui secara real time, manajemen stok, manajemen meja, manajemen pesanan, dan manajemen pelanggan. MokaPOS juga memungkinkan pelaku usaha untuk menghubungkan usaha dengan metode-metode pembayaran pihak ketiga seperti GoPay, OVO, DANA, dan lain-lain. Selain itu, MokaPOS juga memungkinkan pelaku usaha untuk menggunakan platform daring untuk mengembangkan usahanya melalui integrasi dengan berbagai media seperti Instagram, Facebook, dan Google Shopping.

MOSCOW Method
Metode MoSCoW (Must, Should, Can, Won't) merupakan cara pembagian prioritas dengan level yang ditentukan untuk suatu kebutuhan (requirement / customer need), fungsi dari produk ataupun bagian dari proyek yang akan dibuat.

Spesifikasi Kebutuhan
Menggunakan metode di atas, maka dapat diketahui spesifikasi kebutuhan dari aplikasi MokaPos adalah sebagai berikut :

Spesifikasi Fungsional
  • (F01) Apabila ada pengguna yang ingin menggunakan aplikasi, sistem harus menyediakan fitur log in agar pengguna dapat masuk ke dalam aplikasi.
  • (F02) Apabila pengguna telah masuk ke dalam aplikasi, sistem dapat menyediakan pilihan outlet usaha milik pengguna yang dapat diakses oleh pengguna yang bersangkutan.
  • (F03) Sistem dapat menampilkan produk usaha yang masuk ke dalam kategori favorit untuk mempermudah akses.
  • (F04) Sistem dapat mengubah produk yang ditampilkan sesuai dengan halaman yang dipilih oleh pengguna.

  • (F05) Sistem dapat menampilkan sebuah library produk untuk mempermudah jika pengguna ingin melihat semua produk yang tersedia.
  • (F06) Sistem dapat membuat shift baru dengan mendata uang tunai di awal ketika pengguna ingin memulai sebuah shift.
  • (F07) Apabila ingin menambahkan produk pada tagihan, sistem dapat menambahkan data sesuai dengan input yang diberikan oleh pengguna (kuantitas, tipe, dan diskon).
  • (F08) Sistem dapat melakukan manajemen data customer ketika melakukan penambahan pada billing.

  • (F09) Sistem dapat pembayaran tunai sesuai dengan input yang dimasukkan pengguna jika pengguna memilih pembayaran secara tunai.
  • (F10) Sistem dapat memproses pembayaran sesuai dengan e-wallet yang dipilih oleh customer jika customer memilih pembayaran dengan menggunakan e-wallet.
  • (F11) Sistem dapat memproses pembayaran sesuai dengan EDC yang dipilih oleh customer jika customer memilih pembayaran dengan menggunakan EDC.
  • (F12) Apabila customer adalah seorang driver aplikasi online seperti Gojek/Grab/etc, sistem dapat memproses pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang dimiliki oleh aplikasi - aplikasi tersebut (Gopay, dll)
  • (F13) Sistem dapat mengirimkan struk secara digital jika customer menginginkan struk dikirim melalui email atau nomor telepon (SMS).
  • (F14) Apabila customer ingin menyimpan struk secara langsung, sistem dapat menyediakan pilihan untuk melakukan pencetakan struk secara manual dengan menggunakan printer.
  • (F15) Sistem dapat menyimpan bill pengguna untuk dibuka kembali jika pengguna belum ingin melakukan pembayaran.
  • (F16) Apabila pengguna ingin melihat riwayat pembayaran, sistem dapat menampilkan riwayat pembayaran secara detail sesuai dengan shift.
  • (F17) Sistem dapat melakukan split bill jika pengguna ingin melakukan pembayaran secara bertahap.
  • (F18) Apabila pengguna ingin menghapus produk dari bill, sistem dapat membuat otorisasi pada pengguna.
  • (F19) Apabila pengguna ingin mengakhiri shift, sistem dapat menampilkan laporan aktivitas yang telah dilalui pengguna sesuai dengan shift yang diinginkan.
  • (F20) Sistem dapat melakukan manajemen shift berupa pilihan shift, shift sekarang, dan riwayat shift.
  • (F21) Apabila pengguna telah memasukkan nilai tunai akhir, sistem dapat mengakhiri shift pengguna dengan menyimpan data tersebut.
  • (F22) Sistem dapat menyediakan pilihan log out dari akun jika pengguna ingin keluar dari aplikasi.





Share:

0 comments:

Post a Comment