Tuesday, October 27, 2020

PENUGASAN 3 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO)

Grouping Object dan Membuat Auction System dengan Menggunakan Java

Grouping Object
Dalam melakukan Grouping Object, kita bisa menggunakan collection yang ada di Java Collections. Java Collections adalah framework yang menyediakan sebuah wadah untuk menyimpan dan memanipulasi sekumpulan objek. Kegiatan yang dapat dilakukan pada sebuah data seperti pencarian, pengurutan, memasukkan, menghapus dapat dilakukan oleh Java Collections. Java Collections secara  sederhana merupakan sebuah objek. Java Collections menyediakan berbagai macam bentuk interfaces (Set, List, Queue, Deque, dan lain - lain) serta bentuk class (ArrayList, Vector, Linked List, Priority Queue, HashSet, Linked Hash Set, Tree Set, dan lain - lain).

Untuk mempermudah dalam memahami berbagai macam bentuk interfaces serta class yang ada di dalam Java Collections, berikut adalah source code dari berbagai macam interfaces serta class  yang ada di dalam Java Collections beserta output dari masing - masing source code tersebut.

Array List dengan Iterasi While

Array List dengan Iterasi For

Array List dengan Class
Agar program dapat berjalan, terlebih dahulu kita perlu membuat class tambahan bernama class mahasiswa untuk melakukan panggilan terhadap data - data yang nantinya akan dicetak di class ArrayListClass.

Penggabungan Array List
Menggunakan add.all untuk menggabungkan semua array list yang ada.

Penghapusan Data pada Array List
Menggunakan remove all untuk menghapus data yang ditentukan pada array list.

Penahanan Data pada Array List
Menggunakan retain all untuk menahan data yang ditentukan pada array list.

Linked List

Hash Set

Linked Hash Set

Hash Map

Hash Table

Auction System
Berikut saya lampirkan contoh source code yang saya buat dengan bahasa pemrograman Java untuk mensimulasikan kegiatan perlelangan barang, dimana kodingan yang saya buat ini terdiri dari 5 class dan masing - masing memiliki tujuan untuk mewakili komponen - komponen yang ada dalam kegiatan perlelangan. 

Auction
Class utama yang berisikan detail proses perlelangan dan merupakan tempat terjadinya perlelangan.

Lot
Class yang bertujuan untuk melakukan pengecekan detail barang seperti nama / deskripsi serta id barang untuk kemudian diteruskan ke class - class yang lain.

Person
Class yang bertujuan untuk menerima identitas bidder yang berpatisipasi dalam perlelangan dan melakukan record terhadap kegiatan yang dilakukan bidder selama kegiatan perlelangan berlangsung.

Bid
Class yang bertujuan untuk menerima nama bidder dan harga yang ditawarkannya untuk barang yang sedang dilelang. 

Auction Test
Class yang berisi inputan dari user.

Output dari source code di atas bila sudah dihubungkan dan di run akan tampak sebagai berikut :


Nama : Arvel Gavrilla Raissananda
NRP   : 05111940000040
Kelas : PBO - A







Share:

0 comments:

Post a Comment