Tuesday, November 24, 2020

EVALUASI TENGAH SEMESTER PEMROGRAMAN BERBASIS OBJEK (PBO)

MENARIK UANG TUNAI DARI ATM

 

Pada kali ini saya akan membuat sebuah program untuk men-simulasikan kegiatan penarikan uang dengan menggunakan automatic teller machine (ATM). Di dalam program ini saya membuat dua buah class yaitu :

ATM 
Berfungsi sebagai main class tempat kegiatan transaksi terjadi, dimana di dalam class ini terdapat fungsi untuk menampilkan output - output sesuai dengan perintah yang diinput oleh user. Agar output yang ditampilkan sesuai dengan perintah yang diinput oleh user, maka class ini akan memanggil fungsi - fungsi yang ada di class selanjutnya yaitu class Nasabah.

Nasabah
Di dalam class ini terdapat beberapa fungsi yang berguna agar saat program dijalankan di main class, maka output yang ditampilkan akan sesuai dengan keinginan. Fungsi - fungsi di dalam class ini antara lain adalah fungsi untuk melakukan penarikan uang, transfer, melihat saldo yang tersisa, melakukan pembayaran, dan fungsi - fungsi lainnya.

Skenario Fungsionalitas

  • Kartu ATM dimasukkan oleh user dan program berjalan.

  • Program akan meminta user untuk memasukkan pin, jika benar maka masuk ke menu utama dan jika tidak maka program akan meminta untuk mengulangi penginputan pin.

  • Masuk ke menu utama dimana terdapat berbagai macam opsi perintah seperti penarikan uang yang dapat dipilih oleh user dengan range 100.000 - 1.000.000. Kemudian terdapat menu daftar E-Banking dan pilihan transaksi lainnya. Jika user memilih transaksi lainnya, maka akan muncul opsi - opsi perintah lain yang dapat dipilih oleh user. Yang terakhir terdapat menu keluar jika user ingin berhenti bertransaksi.

  • Jika user memilih menu penarikan tunai dimana nominalnya di set secara default dari ATM (100.000, 250.000, dan lain-lain), maka program akan mengeluarkan output yaitu "Penarikan sebesar ... berhasil dilakukan. Sisa saldo anda adalah ..."

  • Jika user memilih menu daftar E-Banking, maka user akan diarahkan ke menu yang baru.

  • Apabila user memilih menu transaksi lain, maka user akan masuk ke menu baru yang berisi opsi - opsi perintah lain seperti info saldo, , pembayaran, penarikan tunai (nominal yang diinginkan user), transfer, ganti pin, flazz, dan voucher isi ulang pembelian.

  • Yang terakhir jika user memilih menu keluar, maka program akan berhenti berjalan.

Diagram Class


Timestamp : 11.56



Share:

0 comments:

Post a Comment