Sunday, December 27, 2020

PENUGASAN 10 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO)

Membuat Aplikasi Notepad dengan Menggunakan Java 

Microsoft Notepad atau biasa kita sebut dengan Notepad adalah sebuah aplikasi editor teks untuk membuat file teks sederhana. Microsoft Notepad telah ada di semua versi sistem operasi Microsoft Windows dimulai sejak Microsoft Windows 1.0 tahun 1985

Fungsi atau kegunaan utama dari Notepad adalah untuk melihat atau mengedit file teks (text file). Notepad hanya mendukung pemformatan dasar sehingga tidak dapat melakukan pemformatan yang kompleks seperti pada Microsoft Word. Notepad juga tidak mendukung penyisipan gambar.

Di Notepad, diperbolehkan menggunakan jenis font tertentu (font setting) ketika membuat file teks. Yang perlu diingat di sini adalah bahwa penggunaan font tertentu hanya mempengaruhi bagaimana teks ditampilkan dan dicetak, tetapi tidak berpengaruh pada bagaimana file disimpan di diks atau media penyimpanan lainnya.

Pada kesempatan ini kita akan membahas bagaimana cara untuk membuat Aplikasi Notepad dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Di dalam program Notepad ini hanya terdapat terdapat 1 class, yaitu Editor.

Editor

Setelah class diatas di-compile dan di run maka akan ditampilkan program Notepad sebagai berikut :

Di dalam program Notepad terdapat berbagai macam menu yang dapat dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya, menu - menu tersebut adalah :

File

Di dalam menu File terdapat 4 macam opsi pilihan yang dapat dipilih pengguna sesuai dengan kebutuhan yaitu opsi New (membuat file baru), opsi Open (membuka file yang sudah ada), opsi Save (menyimpan file), dan opsi Print (mencetak file).

Edit

Di dalam menu Edit terdapat 3 macam opsi pilihan yang dapat dipilih pengguna sesuai dengan kebutuhan yaitu opsi Cut (memindahkan teks), opsi Copy (menggandakan teks), dan opsi Paste (menempelkan teks).

Close

Di dalam menu Edit tidak ada opsi pilihan, karena menu ini hanya berfungsi untuk menutup file yang sedang terbuka.

Untuk mempermudah dalam memahami bagaimana cara untuk mengoperasikan program Notepad tersebut, berikut adalah sebuah video tutorial yang saya buat untuk mendemonstrasikan penggunaan program tersebut.






Share:

0 comments:

Post a Comment