Friday, December 11, 2020

PENUGASAN 6 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO)

 Pemrograman GUI : Image Viewer dengan Menggunakan Java

Definisi
GUI (Graphical User Interface) adalah sebuah desain aplikasi dengan tampilan visual yang berfungsi untuk mempermudah pengguna ketika menggunakan sebuah aplikasi. Pemrograman GUI dibuat dengan menggunakan sebuah aplikasi berbasis GUI, dimana tujuan dari program ini adalah untuk menambahkan komponen - komponen yang tidak berbasis text seperti gambar, video, dan lain - lain. Hal ini diperlukan karena pengguna cenderung lebih mudah dalam memahami tata cara penggunaan sebuah aplikasi melalui abstraksi visual dibandingkan jika hanya berupa narasi berupa text.

Untuk mempermudah dalam memahami GUI (Graphical User Interface), berikut adalah contoh program sederhana dalam bahasa Java untuk memvisualisasikan pengaplikasian GUI (Graphical User Interface) dengan nama Image Viewer. Program di bawah memiliki fungsi untuk mempermudah pengguna dalam melakukan penampilan dan pengeditan gambar melalui filter - filter yang tersedia seperti lighter, darker, dan threshold.

Di dalam program game ini terdapat 4 macam class, yaitu :
a. OFImage                            c. ImagePanel        
b. ImageFileManager             d. ImageViewer


ImageViewer
Class ImageViewer adalah kelas utama atau main class dari program. Fungsi dari class ini adalah membangun dan menampilkan aplikasi GUI serta menginisialisasi komponen - komponen yang lain

OFImage
Class OFImage adalah subclass dari program. Fungsi dari class ini adalah mendefinisikan gambar dalam OF (Object First)

ImageFileManager
Class ImageFileManager adalah subclass dari program. Class ini adalah class utilitas kecil dengan metode statis yang berfungsi untuk memuat dan menyimpan gambar (format jpg atau png). File yang dituliskan oleh class ini formatnya ditentukan oleh IMAGE_FORMAT konstan.

ImagePanel
Class ImagePanel adalah subclass dari program. Class ini adalah komponen swing yang berfungsi untuk menampilkan gambar OFI

Setelah keempat class diatas di-compile, dihubungkan, dan di run pada main class dari program yaitu class ImageViewer maka akan ditampilkan program ImageViewer sebagai berikut :

Di dalam program ImageViewer terdapat berbagai macam menu yang dapat dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya, menu - menu tersebut adalah :

File

Di dalam menu file terdapat 3 macam opsi yaitu menu open (untuk membuka file gambar yang tersimpan di laptop / pc), menu close (untuk menghapus gambar yang telah di buka), dan menu quit (untuk keluar dari program).

Filter

Di dalam menu filter terdapat 3 macam opsi filter yang dapat dipilih oleh pengguna untuk melakukan pengeditan gambar yaitu menu darker (untuk membuat gambar menjadi lebih gelap), menu lighter (untuk membuat gambar menjadi lebih terang), dan menu threshold (untuk mengubah warna gambar menjadi hitam-putih).

Help

Menu help berfungsi untuk menampilkan versi dari program

Untuk mempermudah dalam memahami bagaimana cara untuk mengoperasikan program ImageViewer tersebut, berikut adalah sebuah video tutorial yang saya buat dengan menggunakan gambar disney.















Share:

0 comments:

Post a Comment