Tuesday, December 15, 2020

PENUGASAN 8 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO)

 Pong Game

Game Pong adalah sebuah game arcade yang dianggap sebagai cikal bakal video game, game ini sendiri dikembangkan oleh Atari Inc. pada tanggal 29 November 1972. Mekanisme Game Pong didasarkan pada olahraga tenis meja (Ping Pong). Kali ini kita akan membahas bagaimana cara untuk membuat Game Pong dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Di dalam program game ini terdapat 4 macam class, yaitu :
a. Pong              c. Renderer     
b. Paddle          d. Ball

Pong

Ball

Paddle

Renderer

Setelah keempat class diatas di-compile, dihubungkan, dan di run pada main class dari program yaitu class Pong maka akan ditampilkan program Game Pong sebagai berikut :


Di dalam program Game Pong terdapat berbagai macam menu yang dapat dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhannya, menu - menu tersebut adalah :

Press Space to play
Di sini pemain akan langsung masuk ke dalam permainan, dimana suatu pemain (player 1) akan melawan pemain lainnya (player 2). Player 1 bergerak dengan w dan s, sedangkan player 2 bergerak dengan panah atas dan bawah.

Press Shift to Play with Bot

Jika suatu player memilih menu tersebut, maka player akan di arahkan ke menu lain. Di menu tersebut player dapat memilih tingkat kesulitan bot sesuai dengan yang diinginkan, dimana jika sudah sesuai player tinggal menekan tombol space untuk memulai permainan.

Score Limit
Di sini pemain bisa menetapkan jumlah maksimal score dari masing - masing player ataupun bot untuk memenangkan permainan.

Untuk mempermudah dalam memahami bagaimana cara untuk mengoperasikan program Game Pong tersebut, berikut adalah sebuah video tutorial yang saya buat untuk mendemonstrasikan saat saya memainkan Game Pong melalui program tersebut.

















Share:

0 comments:

Post a Comment