Wednesday, March 2, 2022

PENUGASAN 2 REKAYASA KEBUTUHAN (RK)

Requirement Engineering Process

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan beberapa hal terkait Requirement Engineering Process berdasarkan dokumen SKPL yang dibuat oleh teman saya dalam pembuatan sebuah aplikasi yang bernama Kicaumania, sebuah aplikasi online berbasis web yang bertujuan untuk mempermudah transaksi jual beli burung hias.

1. Existing System Information
Transaksi jual beli burung merupakan salah satu kegiatan yang banyak diminati oleh masyarakat. Namun, terdapat beberapa aspek yang menghambat masyarakat dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli burung. Pandemi yang sedang berlangsung juga turut berpengaruh khususnya kepada para pecinta burung karena tidak lagi bebas untuk beraktifitas di luar rumah sehingga mereka tidak lagi leluasa untuk melakukan kegiatan transaksi jual beli burung

Berdasarkan masalah itu, maka penulis berinisiatif membuat sebuah perangkat lunak berbasis web yang berfokus dalam penjualan burung hias bernama Kicaumania. Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini pada umumnya sama dengan aplikasi e-commerce pada umumnya, yaitu :
  • User dapat membuat akun sebagai pembeli jika sebelumnya belum memiliki akun.
  • User yang telah memiliki akun dapat melakukan login ke dalam website.
  • User baik yang sudah login maupun yang belum dapat melihat katalog yang berisi informasi / detail dari burung hias yang dijual, namun bagi user yang belum melakukan login maka tidak dapat melakukan checkout.
  • Informasi / detail dari burung hias berisi berbagai informasi yang berkaitan dengan burung seperti gambar, deskripsi, jenis / ras, warna, usia, tata cara pemeliharaan, harga, jumlah stok, total penjualan, serta rating dan review dari burung tersebut.
  • User dapat menambahkan burung yang dibeli ke dalam keranjang serta dapat mengurangi jumlah burung yang telah dimasukkan ke dalam keranjang sebelum melakukan checkout.
  • Sistem menyediakan berbagai macam pilihan bagi user untuk melakukan pembayaran maupun metode pengiriman.
2. Stakeholder Needs
Stakeholder needs dari aplikasi Kicaumania dapat dilihat dengan memperhatikan use case berikut : 

Stakeholders di dalam aplikasi perangkat lunak ini bisa dibagi menjadi 2, yaitu :
a. Admin

  • Melakukan login ke dalam website.
  • Melakukan logout dari website.
  • Mengedit / mengubah tampilan pada akun penjual.
  • Melihat opsi pengiriman dan pembayaran yang dipilih oleh pembeli.
  • Melihat bukti pembayaran yang dilampirkan pembeli ke dalam website ketika selesai melakukan pembayaran.
  • Memverifikasi bukti pembayaran yang dilampirkan oleh pembeli.
  • Mengubah status pemesanan (belum bayar / dikemas / dikirim / selesai / dibatalkan).
  • Mengelola produk (menambah, mengedit, menghapus, dan mengkategorikan produk).
  • Melihat dan membalas chat / pesan dari pembeli mengenai produk.

b. Customer

  • Membuat akun pada website.
  • Melakukan login ke dalam website.
  • Melakukan logout dari website.
  • Mencari produk melalui halaman katalog atau kolom pencarian.
  • Memasukkan produk yang dipilih ke dalam keranjang.
  • Menambah / mengurangi jumlah produk yang telah dipilih di dalam keranjang.
  • Melakukan pemesanan produk.
  • Memilih opsi pengiriman (jika masih dalam 1 daerah dapat memilih kurir pribadi atau memilih pet cargo jika berada di luar daerah).
  • Memilih metode pembayaran (COD / Transfer bank) serta melakukan pembayaran.
  • Mengupload bukti pembayaran ke website bagi pembeli yang memilih pembayaran melalui transfer bank
  • Memberikan rating dan review kepada produk.
  • Menghubungi penjual terkait produk melalui layanan chat yang tersedia
3. Organizational Standards
Masing - masing anggota tim di dalam struktur organisasi bertanggung jawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan agar target yang telah disepakati dapat tercapai dan menjamin bahwa sistem yang dibangun berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat. Struktur organisasi dalam pengembangan desain dan sistem dari aplikasi Kicaumania dapat dilihat sebagai berikut : 

4. Regulations
  • Sistem dibangun berbasiskan web dan hanya bisa diakses melalui browser.
  • Sistem dibangun untuk memenuhi kebutuhan dari 2 macam user, yaitu penjual yang memasarkan produknya melalui sistem dan pembeli yang ingin melakukan transaksi dengan penjual melalui sistem.
  • Segala transaksi yang dilakukan melalui sistem menggunakan mata uang Rupiah .
  • Sistem harus menjamin keamanan data pengguna agar tidak dapat diakses dan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  • Penggunaan perangkat lunak ini hanya bisa diakses dan dioperasikan melalui desktop.

5. Domain Information
Kicaumania memiliki target pasar yakni masyarakat yang berprofesi sebagai penjual burung maupun yang memiliki kecintaan terhadap burung seperti pecinta burung dan kolektor. Pengembang berharap aplikasi ini dapat membantu dan mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli burung dalam situasi pandemi yang mengharuskan masyarakat mengurangi aktifitas di luar rumah dan kontak langsung dengan sesama. 

Kicaumania juga dibangun untuk melindungi burung-burung dari praktek jual beli tanpa izin yang banyak menimpa burung hias serta burung yang termasuk hewan langka. Setiap penjual yang ingin melakukan transaksi melalui Kicaumania harus mencantumkan segala informasi mengenai burung yang dijual pada bagian detail produk yang dapat memberikan informasi kepada pembeli mulai dari ras hingga tata cara pemeliharaan. Selain itu penjual juga wajib memastikan bahwa burung yang dijual memiliki tempat tinggal yang layak. Persyaratan khusus juga diberlakukan kepada pembeli yang berkeinginan membeli burung dengan ras yang langka. 

Kicaumania menyediakan berbagai macam opsi pembayaran yang aman dan mudah, sehingga pembeli tidak perlu khawatir jika memiliki pilihan yang terbatas dalam melakukan pembayaran. Selain itu, Kicaumania juga menyediakan berbagai macam opsi pengiriman yang aman dan terjamin sehingga pembeli tinggal menunggu burung yang dipesan sampai dengan selamat di rumah masing - masing.












Share:

0 comments:

Post a Comment