Tuesday, March 22, 2022

PENUGASAN 5 REKAYASA KEBUTUHAN (RK)

Tipe Kebutuhan

Sistem Pemesanan Transportasi

Pada kesempatan kali ini, saya akan membuat sebuah BRD (Business Requirement Document) untuk sistem pemesanan transportasi. Untuk aplikasi yang saya jadikan sebagai contoh adalah aplikasi bernama Uber.

Apa itu Uber?

Siapa yang tak mengenal Uber? Uber merupakan sebuah aplikasi yang menghubungkan pengemudi (driver) baik mobil atau motor dengan penumpang secara langsung. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan teknologi Amerika, Uber Technology, Inc. yang berbasis di San Francisco. Sebagai sebuah aplikasi seluler, Uber menyediakan beragam layanan, mulai dari transportasi personal, pengiriman makanan, pengiriman paket, kurir, transportasi barang, hingga penyewaan kendaraan bermotor.

Garret Camp dan Travis Kalanick adalah dua tokoh penting yang membidani lahirnya Uber sebagai aplikasi sekaligus perusahaan ride sharing pada tahun 2009. Pendirian sekaligus pengembangan Uber awalnya bertujuan untuk mengatasi permasalahan taksi yang semakin serius di San Francisco.

Layanan Uber awalnya hanya diluncurkan untuk kawasan San Francisco saja, namun pada tahun 2010 diperluas hingga ke New York. Di luar dugaan, respon publik sangat positif dan antusias dalam menggunakan aplikasi ini sebagai alternatif sistem transportasi umum bersifat personal yang sangat nyaman dengan biaya layanan yang terjangkau.

Seiring dengan waktu, Uber mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan Uber termasuk salah satu perusahaan yang mengalami pertumbuhan tercepat di dunia. Layanannya kini telah menjangkau seluruh dunia. Diperkirakan, Uber telah memiliki lebih dari 93 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Di Amerika Serikat, Uber menguasai 71% pangsa pasar untuk layanan ride sharing dan 22% untuk layanan pengiriman makanan.

Cara Kerja Uber
Layanan Uber diakses melalui aplikasi seluler menggunakan smartphone. Pengguna menyiapkan profil pribadi yang mencakup data nama, nomor telepon, preferensi pembayaran, dan informasi lainnya. Berkenaan dengan preferensi pembayaran, terdapat beberapa opsi seperti sistem pembayaran e-niaga, kartu kredit, dan tunai. Selain itu, aplikasi juga memberikan opsi bagi pelanggan yang ingin memberikan gratifikasi atau tip setelah layanan selesai.

Dalam hal pemberian layanan kepada pelanggan, Uber menentukan biaya dan persyaratan untuk pengemudi yang mengangkut penumpang. Di sini, perusahaan mengambil bagian dari setiap ongkos. Penetapan harga layanan ditetapkan secara dinamis.


Artinya, tarif yang ditetapkan bisa saja fluktuatif tergantung pada pasokan dan tingkat permintaan. Ketika pasokan terbatas, namun tingkat permintaan layanan tinggi, maka tarif akan ditentukan lebih tinggi.

Demikian pula sebaliknya. Berkenaan dengan tarif layanan, pelanggan akan mendapatkan informasinya lebih dulu dari pengemudi. Hal ini dimaksudkan agar pelanggan bisa memutuskan untuk tetap menggunakan layanan atau membatalkan setelah mengetahui tarifnya.

Status pengemudi (driver) dalam layanan Uber bukanlah sebagai karyawan perusahaan, melainkan mitra atau kontraktor independen. Untuk memberikan layanan, driver menyediakan kendaraan sendiri, baik milik pribadi atau sewa.

Meski bukan sebagai karyawan perusahaan, namun Uber memberlakukan syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi driver Uber, yaitu usia yang masih produktif, sehat dalam arti tidak memiliki riwayat penyakit menular dan berbahaya, usia dan jenis kendaraan yang laik jalan, memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), dan tentunya memiliki smartphone dengan jaringan internet.

Pengguna atau pelanggan dapat mengorder layanan yang dibutuhkan melalui aplikasi Uber. Secara otomatis aplikasi akan memberikan rincian informasi pesanan termasuk biaya layanan. Jika pengguna melanjutkan pesanan, aplikasi akan mencarikan driver guna merealisasikan pesanan tersebut.

Pelanggan dapat memantau pergerakan driver dengan mudah, karena aplikasi dilengkapi dengan ‘peta layanan’ secara real time. Setelah transaksi selesai, pelanggan dapat memberikan peringkat (rating) atas layanan driver. Driver dengan peringkat rendah bisa dinonaktifkan, karena dianggap telah memberikan layanan yang buruk.

Stakeholder Aplikasi Uber

Stakeholder dari aplikasi ini adalah :
  • Pembuat aplikasi yang meliputi :
  1. Project Manager
  2. Business Analyst
  3. Process Analyst
  4. Data Modeller
  5. Designer
  6. Developer
  7. Tester
  8. Product Owner
  9. Documentation
  10. Database Administrator
  11. Quality Check
  12. Quality Assurance

  • Driver : Pengemudi yang akan menerima pesanan / order dari user untuk melakukan pengantaran ke tempat tertentu.

  • User : Pengguna yang memerlukan jasa driver untuk diantar dari tempat asal hingga sampai ke tempat tertentu.

  • Pemilik Aplikasi (Uber Admin, User Testing) : Pihak yang akan melakukan validasi terhadap pemesanan jasa driver, melakukan verifikasi terhadap user yang melakukan pemesanan, serta menghubungkan user dengan driver yang akan melakukan penjemputan dan pengantaran.

  • Pihak ketiga pembayaran : e-wallet, e-money, internet banking, serta segala metode yang dapat digunakan user untuk melakukan pembayaran pesanan.
Functional & Non-Functional Requirements Aplikasi Gojek
Functional Requirements
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melakukan registrasi ke dalam sistem.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk login ke dalam sistem
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melakukan pendaftaran menjadi jasa service
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memberikan rating terhadap hasil kerja jasa service.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan pesan terhadap jasa service.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk merubah profi dari pengguna.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melihat lokasi driver terdekat.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memilih lokasi penjemputan.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memilih lokasi pengantaran.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk melihat biaya jasa service.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi pengguna untuk memilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi administrator untuk melakukan login.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi administrator untuk mengelola data pendaftaran jasa service.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi administrator untuk mengelola data pemesanan jasa service.
  • Sistem menyediakan fasilitas bagi administrator untuk mengelola data pengguna.
Non-Functional Requirements
  • Sistem dapat diakses 24 jam sehari, 7 hari seminggu.
  • Sistem hanya bisa diakses menggunakan sistem operasi Android dengan versi minimal 4.0 (Ice Cream Sandwich).
  • Sistem harus membutuhkan koneksi internet minimal tingkat koneksi Edge.
  • Sistem harus memiliki latensi yang rendah.
  • Sistem harus mampu melakukan multikomunikasi dimana sistem dapat menangani beberapa permintaan pesanan di waktu yang sama sehingga mencegah kemungkinan satu atau lebih user mendapatkan driver yang sama.
  • Sistem harus berhasil dalam menyimpan semua transaksi, baik profil dan ulasan pengguna, lokasi pengguna maupun pemesanan jasa.
  • Sistem menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Sistem dibuat tanpa menyalahi ketentuan hukum Hak Kekayaan Intelektual. 
  • Sistem harus mampu menangani jumlah user yang semakin banyak dengan tetap mempertahankan kriteria - kriteria di atas.






Share:

0 comments:

Post a Comment