Sunday, December 13, 2020

PENUGASAN 7 PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK (PBO)

Java FX & Java Applet 


Java FX
JavaFX adalah adalah salah satu library Java yang dapat digunakan untuk membangun Rich Internet Applications seperti grafis, sound, effect, dan video yang diintegrasikan ke dalam website dan berjalan di dalam jaringan internet. Aplikasi yang dikembangkan dengan menggunakan JavaFX biasanya bersifat multi platform (dapat berjalan di berbagai perangkat seperti PC, Mobile Phones, TV, Tablet, dan lain - lain) dan mendukung berbagai macam OS seperti Windows, Linux, dan MacOS

Untuk mengembangkan Aplikasi GUI menggunakan bahasa pemrograman Java, programmer biasanya mengandalkan library seperti Advanced Windowing Toolkit dan Swings. Setelah munculnya library JavaFX, programmer java sekarang dapat mengembangkan aplikasi GUI dengan konten yang lebih bervariasi. Dengan menggunakan teknologi Java, aplikasi ini memiliki tingkat penetrasi browser sebesar 76%. Untuk mempelajari JavaFX, beberapa compiler baru dan modern seperti Intellij tidak bisa dipakai karena JDK di atas JDK 11 sudah tidak mendukung JavaFX. OLeh karena itu kita harus menggunakan compiler yang lebih lawas seperti BlueJ atau Eclipse.

Untuk mempermudah dalam memahami JavaFX, berikut adalah contoh program sederhana dalam bahasa Java untuk memvisualisasikan pengaplikasian Library JavaFX yaitu sebuah program bernama Fortune_Teller. Sesuai dengan namanya, program dibawah ini berfungsi untuk mencetak ramalah - ramalan random untuk pengguna sesuai dengan sektor - sektor yang diinginkan oleh pengguna (kesehatan, percintaan, dan keuangan).

Di dalam program game hanya terdapat 1 class yang juga berfungsi sebagai main class, yaitu Fortune_Teller.

Setelah class diatas di-compile dan di run  maka akan ditampilkan program Fortune_Teller sebagai berikut :

Di dalam program Fortune_Teller terdapat berbagai macam menu ramalan yang dapat dipilih oleh pengguna sesuai dengan keinginannya, dimana saat menu tertentu dipilih maka program akan menampilkan ramalan random sesuai dengan tema ramalan yang dipilih pengguna.

Ramalan Kesehatan

Ramalan Percintaan

Ramalan Keuangan

Java Applet
Java Applet adalah sebuah aplikasi java yang dapat disisipkan ke dalam halaman HTML untuk kemudian dapat diakses oleh pengguna melalui halaman web. Java Applet juga dapat didownload terlebih dahulu oleh pengguna dan kemudian dijalankan melalui sebuah browser. Secara default, Java Applet tidak bisa mengakses resource pada komputer lokal. Java Applet biasanya digunakan untuk membuat website lebih dinamis dan menghibur dengan cara menambahkan beberapa fungsi kepada halaman web yang bersifat statis, dengan syarat bahwa perangkat yang digunakan memiliki browser yang mendukung Java seperti Microsoft Internet Explorer 4.0 ke atas, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Chrome, dan Opera.

Untuk mempermudah dalam memahami Java Applet, berikut adalah contoh program dalam bahasa Java untuk memvisualisasikan pengaplikasian Java Applet yaitu sebuah program bernama Clock. Program dibawah ini berfungsi untuk membuat sebuah jam analog yang mampu memberikan informasi waktu secara real time (tidak statis).

Setelah class diatas di-compile dan di run  maka akan ditampilkan program Clock sebagai berikut :

Di dalam program Clock diameter dan ukuran dari jam dapat diatur oleh pengguna, dimana jika height dan width dari jam di set masing - masing sebesar 500 maka akan didapatkan output sebagai berikut :



























Share:

0 comments:

Post a Comment